Pengikut

diR9a's 9RaFFiTi


www.spacezapper.com

VoLCom 02

volcom Pictures, Images and Photos

pUNk n rOCk


www.spacezapper.com

VoLcOm

VOLCOM!! Pictures, Images and Photos

Kamis, 11 Desember 2008

TUGAS PKN KD 1.2

1.Berikan ulasan pengertian kembali tentang “Pancasila” sesuai pendapat anda dan tokoh-tokoh terkenal !

Pendapat saya tentang “Pancasila” adalah dasar Negara dan ideologi nasional yang digunakan untuk mengatur pemerintahan Negara Indonesia.

Menurut tokoh-tokoh :

No

Tokoh

Uraian Singkat

1.

Muh. Yamin

Pancasila yang berasal dari kata Panca berarti lima dan Sila berarti sendi, peraturan tingkah laku yang baik. Maka dapat disimpulkan bahwa Pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang baik.

2.

Notonegoro

Pancasila adalah Dasar Falsafah Negara Indonesia. Berdasarkan pengertian ini jadi dapat disimpulkan bahwa Pancasila pada hakikatnya merupakan dasar falsafah dan Ideologi negara yang diharapkan menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia sebagai dasar pemersatu, lambang persatuan dan kesatuan serta sebagai pertahanan bangsa dan negara Indonesia.

2. Pengertian Pancasila menurut Ir. Soekarno adalah isi jiwa bangsa Indonesia yang turun temurun sekian abad lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan barat. Berikan penjelasan singkatnya yang dimaksud dengan !

a. Isi jiwa bangsa :

Maksud dari isi jiwa bangsa adalah potensi bangsa Indonesia untuk bebas dari penjajahan kebudayaan barat.

b. Terpendam bisu:

Maksud dari terpendam bisu adalah sesuatu yang dimiliki bangsa Indonesia yang tidak mampu mengalahkan kebudayaan barat karena bangsa Indonesia tidak mampu mengembangkan sesuatu yang dimilikinya.

3. Pancasila merupakan hasil kesepakatan bangsa Indonesia berdasarkan justifikasi yuridik, filsafat dan teoritik serta sosiologik dan historik. Beri penjelasan singkat pada poin-poin di bawah ini !

a) Justifikasi Yuridik

Bangsa indonesia secara konsisten berpegang kepada Pancasila dan UUD 1945,sebagaimana yang telah diamanatkan adanya rumusan Pancasila ke dalam undang-undang dasar yang telah berlaku di Indonesia dan beberapa Ketetapan MPR Republik Idonesia,separti:

Ø Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Ø Konstitusi Republik Indonesia Serikat (1949).

Ø Undang-Undang Dasar Sementara Republik Indonesia ((1950).

Ø Ketetapan MPR RI No.XVII/MPR/1998 tentang HAKASASI MANUSIA,Pasal

Ø Ketetapan MPR RI No.V/MPR/2000 tentang PEMANTAPAN PERSATUAN DAN KESATUAN NASIONAL.

Ø Ketetapan MPR RI No.V/MPR/2000 tentang PENETAPAN PERSATUAN DAN KESATUAN NASIONAL.

b) Filsafat dan Teoritik

Yaitu merupakan usaha manusia untuk mencari kebenaran Pancasila dari sudut olah pikir manusia,dari konstruksi nalar manusia secara logika.Kebenaran Pancasila dimulai dengan suatu aksioma dimana:”Manusia dan alam semesta ini adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dalam suatu partalian yang selarasatau harhoni” Yang ditemukan pada rumusannya dalam Pembukaan UUD 1945 pada alinia kedua dan alinia keempat.

4. Berikan tanggapan penjelasan, mengapa Pancasila sebagai dasar negara dan Ideologi nasional, dikatakan sebagai hasil kesepakatan bangsa Indonesia !

Tanggapan saya adalah karena yang menetapkan pancasila adalah wakil-wakil rakyat yang berada di MPR dan karena pancasila sesuai dengan kebudayaan bangsa Indonesia. Dan apabila ada pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh bangsa Indonesia akan di hukum sesuai dengan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan.

5. Tuliskan perbedaan dan persamaan mendasar antara pendapat Ir. Soekarno dengan Mr. Muhammad Yamin berkaitan dengan pengertian Pancasila di bawah ini !

Persamaan

Perbedaan

Persamaanya adalah Pancasila sama-sama merupakan falsafah negara yang berisi pedoman tentang aturan tingkah laku yang baik.**

Menurut Muhamad Yamin: merupakan lima dasar yang merupakan pedoman tentang aturan tingkah laku yang baik.

Menurut Ir. Soekarno :Merupakan isi jiwa bangsa indonesia yang terpendam bisu setelah sekian abad lamanya oleh kebudayaan barat dan merupakan falsafah negara.**


Tidak ada komentar: